Wednesday 11 January 2012

PERBEDAAN GAMBAR BITMAP DAN GAMBAR VEKTOR

1 . PERBEDAAN GAMBAR BITMAP DAN GAMBAR VEKTOR ? 

A . Gambar Bitmap 
Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Beberapa format gambar bitmap yang sering dijumpai: GIF, JPEG, BMP dan PNG. Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Jika gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya. Selain itu gambar bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar. Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya.

Contoh software yang berbasis bitmap :
1 . Adobe Photoshop
2 . Paint
3. CorelPhotoPaint
4. dan lain-lain.

CONTOH GAMBAR BITMAP : 
 





2 .Gambar vektor 
Gambar vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR . Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan gambar bitmap dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.

Contoh software yang berbasis vektor :
  • Cenon
  • Dia
  • GYVE
  • ImPress
  • Inkscape
  • Karbon14
  • NodeBox
  • OpenOffice.org Draw
  • Skencil  (Sketch)
  • Sodipodi
  • Synfig
  • Tgif
  • Xara Xtreme for Linux
  • Xfig
  • ACD Canvas — (Deneba Canvas)
  • Adobe illustrator
  • Artworks
  • CorelDRAW
  • ConceptDraw
  • DrawWell
  • EazyDraw
  • Elgorithms MagicTracer
  • iDraw
  • iGrafx Designer
  • Intaglio
  • Jasc WebDraw
  • Jfig
  • Kai Power Tools
  • Macromedia Freehand
  • Metafile Companion
  • Microsoft Expression Graphic Designer
  • Microsoft Expression Interactive Designer
  • Mayura Draw
  • OmniGraffle
  • Paint Shop Pro
  • Real-DRAW
  • Satori Paint
  • Serif DrawPlus
  • SignBlazer
  • Stone Software Create
  • Vector Effects
  • WinFIG — Windows port of Xfig
  • Xara Xtreme
  • Zoner Draw

Contoh gambar vektor : 






Sumber : http://www.edipsw.com/desain-grafis/perbedaan-antara-gambar-bitmap/
               http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_bitmap
               https://plus.google.com/photos/106122060861964798662/albums/5111696064808072321?banner=pwa




2 . KESIMPULAN MATA KULIAH DESAIN PERMODELAN GRAFIK 
Kesimpulan mata kuliah ini adalah kita dapat mengetahui kosep dasar dari grafik komputer . dan juga dapat mengetahui jenis - jenis model grafik komputer baik gambar 2 dimensi ataupun 3 dimensi . model grafik juga dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan . kita juga dapat mengetaui tentang transformasi geometri , yang teridiri dari Translasi yaitu memindahkan objek , Rotasi yaitu memutar suatu objek , Dilatasi yaitu mengubah bentuk objek , dan Refleksi yaitu pencerminan suatu objek . kita dapat mengetahui rumus - rumus dari keempat jenis transformasi geometri dan sifat - sifatnya . kita juga dapat membedakan antara gambar bitmap dengan gambar vektor serta software - software apa saja yang berbasis bitmap dan vektor .
 

1 comment:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    ReplyDelete