Monday 29 November 2010

Kesenjangan digital: kelangkaan,ketidaksetaraan dan konflik

Kesenjangan digital: kelangkaan,ketidaksetaraan dan konflik
Last Moyo

Pengembangan dan penyebaran media digital di seluruh dunia telah mencapai puncaknya pada sentralitas dari media dalam kegiatan sosial, politik dan ekonomi masyarakat dan organisasi di banyak negara, terutama di negara maju (lihat Dutton 2003; Hamelink 2003; Slevin 2000; Hacker dan van Dijk 2000).Sebagai contoh, di negara-negara yang paling maju, komputer dan ponsel yang semakin menjadi sangat diperlukan untuk cara orang berkomunikasi, memilih, membeli, perdagangan, belajar, tanggal, bekerja atau bahkan bermain (lihat Dalessio 2007; Haldane 2007; Webster 1997, 2004). penggemar teknologi informasi berpendapat bahwa ini berarti bahwa negara-negara tersebut hidup di era masyarakat informasi, yang mereka mendefinisikan sebagai masyarakat pasca-industri (lihat Bab 1), dimana industri jasa informasi dan informasi baru dan teknologi komunikasi (TIK) berada di kemudi proses sosial-ekonomi dan politik masyarakat (lihat Bell [1973] 2004).

Pada prinsipnya, keterbukaan dan aksesibilitas dari internet mungkin tercermin oleh popularitas pernah meningkatnya medium. Misalnya, menurut situs World Internet Statistik, yang mendapatkan angka dari organisasi-organisasi seperti International Telecommunications Union (ITU) dan Nielsen / peringkat bersih, pada bulan September 2007, terdapat pengguna Internet sekitar 1,2 milyar di dunia (sekitar 18,9 perpersen dari populasi dunia) dan laju pertumbuhan antara tahun 2000 dan 2007 adalah sekitar 245 persen (lihat Internet Dunia Statistik 2007). Namun, kritikus seperti Robert Hassan berpendapat bahwa meskipun ada minoritas orang di dunia yang mungkin menggunakan Media Baru, pertumbuhan masyarakat informasi apa yang disebut dirusak oleh kenyataan bahwa manfaat dari media digital dan Internet adalah 'tidak mengalir merata dan lancar dalam negara atau di seluruh dunia '(Hassan 2004: 165). Sebagai contoh, sementara negara-negara seperti account Amerika Utara sekitar 20 persen pengguna internet dunia, benua seperti Afrika hanya mewakili 3 persen dari 1,2 miliar pengguna (lihat Internet Dunia Statistik 2007).Distribusi ini tidak proporsional akses internet di seluruh dunia dan dalam negara-negara secara umum disebut sebagai 'kesenjangan digital' (lihat Norris 2001; Hamelink 2003; Haywood 1998; Holderness 1998). Menurut Pippa Norris, ungkapan telah memperoleh mata uang terutama dalam merujuk pada pengguna internet dan telah menjadi 'singkatan untuk setiap dan setiap perbedaan dalam komunitas online' (Norris 2001: 4).

Apakah kesenjangan digital?

Akademisi umumnya mendefinisikan kesenjangan digital sebagai terutama tentang kesenjangan yang ada antara orang-orang yang memiliki akses ke media digital dan internet dan mereka yang tidak memiliki akses (lihat Norris 2001; Meredyth et al 2003;. Servon 2002; Holderness 1998; Haywood 1998).Kesenjangan dalam kepemilikan dan akses terhadap media ini secara potensial dapat mempengaruhi akses ke informasi dari internet oleh masyarakat yang kurang beruntung dan juga menciptakan atau memperkuat kesenjangan sosial-ekonomi berdasarkan marjinalisasi digital dari kelas miskin dan wilayah di dunia. Sebagai contoh, pada tahun 1999 Thailand telah telepon selular lebih dari seluruh Afrika sementara Amerika Serikat memiliki komputer lebih dari seluruh dunia gabungan (lihat UNDP 1999: 75). Demikian pula, di sekitar periode yang sama, negara-negara industri (yang memiliki kurang dari 15 persen dari orang-orang di dunia) memiliki 88 persen pengguna internet.Amerika Utara saja (dengan kurang dari 5 persen dari orang-orang) memiliki lebih dari 50 persen dari semua pengguna (HDP 2003: 75). Dengan demikian ketidakseimbangan, atau kesenjangan penyebaran media digital dan Internet-informasi antara kaya dan miskin-informasi di seluruh dunia secara umum digunakan sebagai kriteria menentukan utama dari kesenjangan digital di mana universal akses ke New Media dipandang sebagai bagian dari solusi terhadap tantangan pembangunan dan demokratisasi yang menghadapi banyak komunitas di seluruh dunia (lihat Bab 9).

Namun, beberapa sarjana percaya bahwa masalah kesenjangan digital bersifat multidimensi dan lebih kompleks dari sekadar persoalan akses ke media digital dan internet oleh berbagai, negara orang dan wilayah (lihat Hassan 2004; Norris 2001; Servon 2002). Mereka berpendapat bahwa mendefinisikan membagi hanya berdasarkan akses ke komputer dan internet sebenarnya sederhana dan tidak hanya melemahkan keseriusan masalah, tetapi juga kemungkinan solusi untuk masalah dalam hal kebijakan publik. Seperti Lisa Servon berpendapat, kesenjangan digital 'telah didefinisikan sebagai masalah akses dalam arti sempit kepemilikan atau izin untuk menggunakan komputer dan Internet' (Servon 2002: 4). Dia berpendapat bahwa kepemilikan dan akses tidak harus jumlah untuk digunakan dalam semua kasus karena beberapa orang yang memiliki akses pengguna mungkin tidak terampil dari internet atau dalam kasus di mana mereka memiliki keterampilan, mereka mungkin tidak menemukan konten yang relevan online untuk menjadi pengguna konsisten. Sedangkan akses fisik ke komputer dan internet tentunya merupakan salah satu variabel kunci untuk menentukan kesenjangan digital, ada kebutuhan untuk memperluas konsep tersebut dengan melihat bagaimana faktor-faktor lain seperti membaca, melek teknologi, konten, bahasa, jaringan dan biaya yang berkaitan dengan akses internet, membantu dalam pemahaman tentang kesenjangan digital.

melek teknologi terutama tentang keterampilan dan kemampuan als individu dan masyarakat untuk menggunakan teknologi digital dan Internet secara efektif untuk memenuhi kebutuhan sosio-ekonomi dan politik. Misalnya, kurangnya perangkat keras dan perangkat lunak keterampilan operasional dapat bertindak sebagai penghalang tidak hanya untuk menggunakan Internet, tetapi juga di produksi konten, sehingga menimbulkan kesenjangan digital bahkan di antara mereka yang memiliki akses. Namun, literasi teknologi dipandang oleh beberapa kritikus sebagai hanya salah satu dari banyak jenis kemahiran yang diperlukan untuk penggunaan efektif media digital dan Internet (lihat Carvin 2000; Damarin 2000). Andy Carvin, misalnya, berpendapat bahwa keaksaraan dasar (kemampuan untuk membaca dan menulis), melek informasi (kemampuan untuk memahami isi kualitas), melek adaptif (kemampuan untuk mengembangkan media digital yang baru dan keterampilan penggunaan Internet) adalah semua bagian penting dalam memahami sifat kompleks dari kesenjangan digital.Dengan kata lain, tanpa orang keaksaraan dasar tidak dapat membaca atau menghasilkan konten online sedangkan kegagalan untuk memahami kualitas informasi di internet juga dapat menyimpan banyak potensi pengguna dari medium. keaksaraan Adaptif berarti bahwa pengguna internet harus secara konsisten mengembangkan keterampilan penggunaan yang akan membantu mereka untuk menanggulangi kebutuhan teknologi baru dalam perangkat lunak dan perangkat keras.

Isi hambatan membagi adalah tentang kurangnya partisipasi oleh kelompok orang tertentu dalam produksi konten online dan kegagalan oleh mereka contentproducers untuk mengatasi kebutuhan informasi spesifik dari jenis tertentu atau kelompok pengguna. Servon berpendapat bahwa marginalisasi konten yang membahas kebutuhan masyarakat miskin terdiri dari dimensi lain kesenjangan digital karena 'ketika kelompok-kelompok yang kurang beruntung log on, mereka sering menemukan bahwa terdapat konten tidak ada [karena] informasi yang secara langsung berkaitan dengan kehidupan mereka dan masyarakat dan budaya tidak ada '(Servon 2002: 9). Dia juga mengamati bahwa hal ini terutama karena 'isi ... perangkat keras, perangkat lunak, dan Internet mencerminkan budaya [dan] selera mereka yang menciptakan produk dan pengguna awal - sebagian besar menengah dan atas orang kulit putih kelas '(ibid.: 10, juga lihat UNDP 1999). Untuk mendukung pemahaman kebutuhan-berorientasi membagi, Meredyth, Ewing dan Thomas juga berpendapat bahwa perdebatan tentang kesenjangan digital tidak lagi harus mengenai universalisasi akses ke komputer, tetapi tentang bagaimana dan mengapa orang menggunakan teknologi baru dan Internet (Meredyth et al 2003).. Mereka berpendapat bahwa konten yang tepat dapat menarik kelompok marginal dan masyarakat untuk Internet.

Hal lain yang berhubungan erat dengan kepekaan terhadap penggunaan kebutuhan konten adalah bahasa. Bahasa dapat bertindak sebagai penghalang untuk orang dengan kemampuan akses dan melek huruf dan karenanya memperburuk kesenjangan digital antara mereka yang memahami bahasa internet yang paling dominan seperti bahasa Inggris dan mereka yang tidak. Sebagai contoh, lain PBB dan Sosial PBB (2003) Laporan berjudul, Peran ICT dalam Menjembatani Digital Divide di Daerah Terpilih berpendapat bahwa sementara akses ke komputer dan Internet telah menjadi sangat tinggi di Asia dan Pasifik, hambatan untuk penggunaan efektif dan konsisten dari Internet adalah marginalisasi bahasa daerah di wilayah itu. Hal ini menunjukkan bahwa, sementara ada lebih dari 4.000 bahasa di wilayah ini, 68 persen dari situs web dalam bahasa Inggris yang kebanyakan orang tidak mengerti. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada membagi satu digital tunggal, tetapi ada banyak jenis membagi berdasarkan berbagai faktor (lihat Norris 2001; Meredyth et al 2003.). tipologi Pippa Norris tentang berbagai jenis kesenjangan digital seperti kesenjangan geografis, kesenjangan sosial dan membagi demokratis mungkin dapat memberikan kerangka di mana hubungan rumit akses, melek huruf, isi, bahasa, ras gender, dan usia di era digital dapat diperiksa dalam hihi detail (lihat Norris 2001: 3-25).

Kesenjangan geografis
Kesenjangan geografis terutama tentang akses atau kurangnya akses ke media digital dan internet karena lokasi geografis. Sebagai Norris berpendapat, ketersediaan peluang digital dan inklusi berikutnya atau pengecualian dari informasi masyarakat dapat dipengaruhi oleh mana kehidupan pribadi dalam hal kedekatan mereka dan akses ke jaringan informasi digital (Norris 2001: 23). Kesenjangan geografis multidimensi dan dapat mengacu pada kesenjangan nasional, regional dan global dalam tingkat akses ke media digital dan internet. Sedangkan nasional dan regional membagi fokus pada tingkat akses internet di lokasi yang berbeda atau daerah dalam suatu negara, kesenjangan global tentang kesenjangan akses antara orang-orang yang tinggal di negara sangat maju dari utara dan mereka yang tinggal di negara maju kurang dari selatan .

Haywood Trevor berpendapat bahwa kesenjangan global yang berkembang dalam ketidaksetaraan lama contextof sebagai akses ke jaringan komputer tampaknya 'diletakkan di atas pola lama yang sama ketimpangan geografis dan ekonomi ...' (Haywood 1998: 22), sehingga replikasi kesenjangan kehidupan nyata dalam bentuk digital. Dengan kata lain, kesenjangan global tampaknya mengikuti kontur dari ketidakseimbangan ekonomi sejarah antara negara-negara di utara dan orang-orang dari alasan selatan karena banyak seperti warisan kolonial di bawah pengembangan, kegagalan reformasi pasca kemerdekaan pasar bebas dan kebijakan perdagangan saat ini tidak adil yang menguntungkan negara-negara maju dengan mengorbankan negara-negara miskin berkembang. Kemiskinan adalah salah satu problemsthat utama adalah memperburuk eksklusi digital global antar daerah. Misalnya, '1 dalam setiap 5 orang dalam kehidupan dunia berkembang dengan kurang dari US $ 1 per hari dan 1 dalam 7 menderita kelaparan kronis '(Accenture et al 2001:. 7). Sekali lagi, menurut John Baylis, Steve Smith dan Patricia Owens:

Satu seperlima penduduk dunia hidup dalam kemiskinan ekstrim ... , Satu sepertiga anak di dunia yang kekurangan gizi ... , Setengah dunia penduduk tidak memiliki akses reguler untuk obat-obatan penting ... , Lebih dari 30.000 anak meninggal per hari dari penyakit yang mudah dicegah. (Baylis et al 2001:. 202)

tingkat akut seperti kemiskinan dan kekurangan cenderung memaksa sebagian besar negara-negara Dunia Ketiga untuk memprioritaskan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat, perumahan, penyediaan air bersih dan pendidikan, bukannya mengembangkan infrastruktur telekomunikasi untuk memastikan masuknya merekawarga negara dalam era informasi apa yang disebut. Fokus pada kebutuhan sosial dasar seperti selalu berarti bahwa jaringan telekomunikasi yang sangat diperlukan untuk konektivitas internet masih relatif miskin di sebagian besar negara-negara di selatan dibandingkan dengan mereka yang di sebelah utara, terutama karena akses ke informasi merupakan salah satu di antara yang tak terhitung kebutuhan sosial.Kesenjangan di bidang telekomunikasi juga pasti mempengaruhi tingkat peluang digital yang dapat tersedia bagi orang yang tinggal di daerah tertentu di dunia karena internet bergantung pada jaringan telepon. Contoh berikut menunjukkan beberapa perbedaan yang memperburuk kesenjangan global yang disebabkan oleh masalah infrastruktur:


• Lebih dari 80% dari orang di dunia belum pernah mendengar nada panggil, apalagi 'surfing' web atau menggunakan ponsel (UNDP 1999: 78).

• Afrika, yang memiliki sekitar 739.000.000 orang, memiliki jalur telepon hanya 14 juta, yang jauh lebih kecil dari baris di Manhattan atau Tokyo (Panos 2004: 4).

• Sub-Sahara Afrika memiliki sekitar 10 persen dari populasi dunia (626 juta), tetapi hanya 0,2 persen dari satu miliar di dunia saluran telepon (ibid.: 4).

• Biaya menyewa koneksi rata-rata hampir 20 persen dari PDB per kapita di Afrika dibandingkan dengan sembilan persen untuk dunia, dan hanya satu persen bagi negara-negara berpenghasilan tinggi (ibid.: 4).


Jelas, infrastruktur telekomunikasi miskin di Afrika dan negara-negara berkembang lainnya memiliki konsekuensi serius pada kesenjangan digital. Sebagai contoh, sementara Internet umumnya dianggap sebagai menciptakan kesempatan untuk komunikasi murah, handal dan seketika di sebelah utara, infrastruktur telekomunikasi miskin di beberapa negara di selatan berarti bahwa akses internet mungkin terbatas pada orang-orang sangat sedikit sementara mayoritas rakyat menemukannya terjangkau karena koneksi terlalu tinggi dan biaya pelayanan yang diperparah oleh kurangnya kesempatan ekonomi. Pada intinya, kesenjangan digital yang 'hanyalah indikator dari kelesuan ekonomi yang lebih dalam kemiskinan dan pengucilan ekonomi (Hassan 2004: 68) dan tidak dapat dibatalkan tanpa menanggulangi pluralitas faktor yang menyebabkan ketimpangan ... [Karena] ... akses terhadap TIK harus tertanam dalam perspektif yang lebih umum tentang inklusi, pembangunan dan pengurangan kemiskinan '(Servaes dan Carpentier 2006: 2).

Mengingat serius ketidakseimbangan ekonomi global, media digital yang paling mungkin untuk lebih berkubu kesenjangan digital global dan melanjutkan penciptaan struktur kelas informasi global dari utara global kaya informasi dan selatan informasi global miskin (lihat Norris 2001; Hassan 2004) . Dalam kata-kata Norris, mantan kelas menjadi '... satu bagi mereka dengan penghasilan, pendidikan ... koneksi memberikan informasi berlimpah dengan biaya rendah dan kecepatan tinggi 'sementara yang terakhir sedang' untuk mereka yang tidak memiliki koneksi, terhalang oleh penghalang waktu, biaya, ketidakpastian dan tergantung pada informasi yang sudah ketinggalan zaman '(Norris 2001: 5-6). Selain faktor hambatan infrastruktur, sosial-budaya seperti bahasa, jenis kelamin kelas, dan pendidikan lebih lanjut senyawa tersebut membagi utara-selatan karena mereka mempengaruhi jumlah orang yang memiliki potensi untuk secara konsisten menggunakan atau tidak menggunakan komputer dan internet. Misalnya, mengenai faktor gender, negara-negara Eropa umumnya dianggap relatif makmur dan liberal, dan ini berarti bahwa perempuan di negara-negara lebih mungkin untuk memiliki komputer dan terhubung ke Internet dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Asia dan Afrika. Akibatnya, kesenjangan global juga harus dilihat dan dipahami melalui prisma faktor lokal atau internal yang mempengaruhi struktur sosial masyarakat informasi dalam hal partisipasi masyarakat. Bahasa juga telah meningkatkan kesenjangan global antara 'kaya' informasi dan 'si miskin' karena, sementara hanya kurang dari 1 dari 10 orang berbicara bahasa Inggris, 80 persen dari situs web dan komputer dan antarmuka pengguna Internet dalam bahasa Inggris (lihat UNDP 1999: 78).

Namun, sangat penting untuk dicatat bahwa meskipun membagi utara-selatan sangat terasa, masih ada perbedaan dalam tingkat akses dan penggunaan efektif media digital dan Internet antar negara masing-masing daerah. Sebagai contoh, dari 322 juta pengguna Internet yang diperkirakan di Eropa, Inggris mewakili sekitar 12 persen, Rusia (9 persen), Polandia (4 persen) dan Rumania (1,5 persen) (lihat Internet World Statistics) 2007. Variasi ini mungkin dipengaruhi oleh perbedaan sosial-budaya
termasuk kinerja ekonomi nasional dan kebijakan telekomunikasi nasional yang mungkin berdampak pada ketersediaan dan keterjangkauan komputer dan layanan internet kepada pengguna akhir. Pengalaman pengecualian digital di Afrika juga tidak seragam dan homogen. Misalnya, ada contoh menarik dari Benin di mana lebih dari 60 persen penduduk buta huruf pada akhir 1990-an, sehingga hanya ada hanya 2.000 pengguna internet di negara ini pada waktu (lihat UNDP 1999: 78). Sekali lagi, pada 2007, sebagian besar pengguna Internet di Afrika umumnya dari Afrika Selatan (6 juta), Nigeria (8 juta), Morrocco (6 juta) dan Mesir (6 juta).


Sosial membagi

Kesenjangan sosial tentang perbedaan akses antara berbagai kelompok sosial karena hambatan sosio-demografis seperti kelas, pendapatan, pendidikan, usia jenis kelamin, dan ras. Sebagai contoh, kelas merupakan salah satu penentu utama inklusi digital atau pengecualian. Holderness Mike berpendapat bahwa 'itu tetap kasus yang paling tajam, paling jelas enumerable membagi dalam ruang cyber adalah orang-orang berdasarkan mana satu hidup dan seberapa banyak uang' (Holderness 1998: 37). Dalam kebanyakan kasus, orang kaya cenderung tinggal di tempat dengan infrastruktur telekomunikasi yang baik dengan jaringan broadband dan nirkabel, sementara orang miskin yang tinggal di ghetto kurang cenderung memiliki sanitasi yang baik, apalagi jaringan telekomunikasi yang baik (lihat Hoffman et al 2000.; Ebo 1998). Kecenderungan umum di kedua negara-negara maju dan berkembang adalah bahwa kelas-kelas kaya adalah yang pertama untuk memiliki dan menggunakan media cutting-edge teknologi sementara orang-orang miskin hanya mendapatkan mereka sebagai akibat dari efek 'trickle-down' ketika harga komputer dan koneksi Internet menjadi terjangkau. Sekali lagi, Internet itu sendiri adalah modal-intensif dan kemudian kebanyakan orang miskin disimpan di pinggiran karena komputer, modem, langganan bulanan perangkat lunak dan Internet Service Provider 'mungkin tidak terjangkau untuk mereka.

Sebagai contoh, menurut British Telecommunications (BT), 'dari 9,5 juta orang dewasa yang hidup dengan penghasilan rendah di Inggris, 7 juta (74%) adalah digital dikecualikan' (British Telecom Report 2004). Di Afrika, di mana sebagian besar orang miskin, Mike Jensen berpendapat bahwa pada tahun 2002, 1 dari 35 orang memiliki ponsel (24 juta), 1 di 130 memiliki komputer pribadi (5,9 juta), dan 1 dari 160 telahdigunakan Internet (5 juta) (Jensen 2002: 24). Akibatnya, Norris mengamati bahwa, sejauh kesenjangan pendapatan yang bersangkutan, akses populer untuk komputer dan internet membutuhkan penghapusan hambatan keuangan yang memperburuk kesenjangan akses fisik yang, pada gilirannya, memiliki efek multiplikasi pada jenis lainmembagi seperti jenis kelamin, ras dan melek huruf (lihat Norris 2001). Namun, harus dicatat bahwa ada sejumlah besar orang yang memiliki pendapatan yang lebih tinggi tetapi digital terlepas karena hambatan lain seperti umur, literasi teknologi, fobia teknologi dan kurangnya motivasi. Demikian pula, pendapatan yang lebih rendah tidak selalu menghasilkan pengecualian digital karena di banyak kota di Asia, Afrika dan masyarakat India miskin mungkin tidak memiliki akses ke Internet di rumah mereka, tapi dapat mengembangkan penggunaan konsisten di perpustakaan umum, kafe cyber, internet pedesaan pusat dan jalur akses publik. Dalam penelitian saya yang dilakukan antara tahun 2003 dan 2007 di Zimbabwe, saya menemukan bahwa ada kecenderungan berkembang menggunakan email konsisten dalam kafe cyber oleh buruh pabrik miskin kota dan perempuan menganggur untuk berkomunikasi dengan kerabat mereka diasingkan sekarang tinggal di Inggris, Australia, Amerika dan Selandia Baru (lihat Moyo 2007)

Pendidikan juga merupakan salah satu unsur kesenjangan kelas. Sebagian besar orang tidak termasuk digital lebih cenderung kurang berpendidikan dan kurang baik dibayar dalam pekerjaan mereka, meskipun hal ini tidak berarti bahwa mereka tidak menggunakan Internet. Misalnya, United Nations World Food Programme (UNWFP) memiliki kampanye penggalangan dana yang inovatif musiman online di Afrika yang menghubungkan, petani miskin skala kecil kurang terdidik di daerah pedesaan untuk menjual sebagian dari tanaman mereka secara online (UNWFP 2007). Demikian pula, kita juga bisa menemukan bahwa orang tua terdidik sering dapat menggunakan Internet lebih dari kaum muda tidak berpendidikan dan menganggur muda di daerah perkotaan di dunia maju dan berkembang. Namun, seperti Suzanne Damarin berpendapat, kecenderungan umum adalah bahwa pendidikan atau kurangnya lebih lanjut memperkuat kesenjangan antara mereka yang bisa menggunakan internet dan mereka yang tidak bisa karena kemungkinan menggunakan internet selalu meningkat dengan tingkat seseorang pendidikan karena pengarusutamaan TIK baru dalam pendidikan (lihat Damarin 2000: 17).

variabel lain seperti jenis kelamin, ras dan etnis semakin mempersulit kesenjangan sosial karena, sebagai Servon berpendapat, diskriminasi sosial telah menyebabkan pengecualian bermakna partisipasi perempuan dan orang kulit hitam bahkan di negara-negara seperti Amerika Serikat (lihat Servon 2002). Dia berpendapat bahwa di Amerika Serikat, 'sekolah di daerah berpenghasilan rendah yang sangat rumah anak-anak warna sangat kecil kemungkinannya untuk memberikan akses kualitas, pelatihan, dan konten daripada yang sekolah di kabupaten kaya [di mana orang kulit putih hidup]' (ibid. 2002 : 10). Dalam hal gender, perempuan tampaknya terpinggirkan karena dominasi kepentingan patriarki dalam masyarakat kebanyakan karena penggunaan media digital dan internet dikenakan membentuk sosial (lihat Preston 2001; Slevin 2000; Scott 2005).Misalnya, 'dicatat perempuan sebesar 38% dari pengguna di Amerika Serikat, 25% di Brazil, 17% di Jepang dan Afrika Selatan, 16% di Rusia, 7% di Cina dan hanya 4% di negara-negara Arab' (UNDP 1999: 62). Laporan tersebut juga mencatat bahwa, bahkan di Amerika Serikat, pengguna internet umumnya adalah pria kulit putih muda karena pola penggunaan yang selalu tertanam dalam nilai-nilai sosial budaya yang mempengaruhi orang untuk teknologi daripada wanita.


Demokrat membagi

Kesenjangan demokratis mengacu pada kenyataan bahwa ada orang yang dapat menggunakan media digital dan internet sebagai alat dan sumber daya untuk partisipasi dalam aktivisme politik dan mereka yang tidak bisa. Ini adalah tentang 'orang-orang yang melakukannya, dan tidak menggunakan persenjataan lengkap sumber daya digital untuk terlibat, memobilisasi dan berpartisipasi dalam kehidupan publik' (Norris 2001: 4). Pada intinya, kesenjangan demokratis terjalin erat dengan gagasan kewarganegaraan di mana warga negara (sebagai lawan subyek monarki a) dipandang sebagai terus-menerus meninjau kontrak sosial dan politik dengan negara terhadap penyalahgunaan.membagi ini adalah karena itu tentang orang-orang yang bisa dan tidak dapat menggunakan kebanyakan Internet sumber daya dan fasilitas seperti informasi dan berita di website, blog, podcast dan forum interaktif lainnya seperti forum diskusi, email dan voiceovers untuk keterlibatan kewarganegaraan.

Partisipasi dalam aktivisme berkisar cyber dari individu kepada institusi mana orang-orang mengorganisir diri mereka ke dalam kelompok-kelompok sipil untuk membela kepentingan tertentu. Sebagai sebuah institusi, masyarakat sipil telah banyak disebut sebagai 'suatu lingkup kehidupan publik di luar kendali negara' (Cola 2002: 25), 'benteng melawan negara' yang (Keane 2002: 17), atau 'infrastruktur yang diperlukan untuk penyebaran demokrasi dan pembangunan '(et al Anheir 2001: 3.). Internet telah sentral dalam proses keterlibatan masyarakat sipil di tingkat nasional dan global (lihat Bab 8).menarik contoh organisasi sipil yang berjuang untuk meminta pertanggungjawaban kepada warga menggunakan Internet meliputi, AS Jaringan Hak Asasi Manusia (USA), Dewan Muslim Inggris (Inggris), Australia Dewan Perempuan dan Perpolisian (Australia) dan Kubatana Civic Jaringan ( Zimbabwe). Pada tingkat global, masyarakat sipil juga telah menggunakan Internet untuk jaringan dan memobilisasi anggota terhadap keputusan-keputusan antar-negara tertentu yang menentukan kebijakan global yang mempengaruhi kehidupan masyarakat di tingkat nasional (lihat Nakal 2001; Aronson 2001). Sebagai contoh, organisasi seperti Amnesty International, Green Peace dan Forum Internasional tentang Globalisasi ekstensif menggunakan Internet sebagai bagian dari cyberactivism mereka dan keterlibatan masyarakat dalam isu-isu seperti hak asasi manusia, lingkungan dan praktek-praktek globalisasi yang tidak adil. The Battle for Seattle protes terhadap WTO pada tahun 1999 dan gerakan solidaritas anti perang cyber-Irak di pos-September 11 (9 / 11) adalah beberapa contoh menarik dari perlawanan sipil di mana Internet berperan lebih besar dalam memobilisasi orang untukmelawan negara dan keputusan antar-negara.

Kesenjangan demokratis juga dipengaruhi oleh lain membagi seperti seperti membaca / buta huruf, perkotaan / pedesaan, pria / wanita dan muda versus tua. Mengenai keaksaraan, di sisi salah satu membagi ada aktivis cyber yang mungkin memiliki akses fisik ke komputer dan melek informasi untuk memecahkan kode pesan politik, sementara di sisi lain mungkin ada orang-orang yang baik memiliki akses tetapi tidak memiliki kemampuan atau mereka yang tidak keduanya. Kesenjangan demokratis karena itu kompleks karena tidak hanya berakhir dengan akses atau kurangnya, tetapi juga menekankan literasi media yang, menurut James Potter, bukan hanya tentang keterlibatan aktif dengan pesan media di tingkat kognitif dan afektif, tetapi juga melibatkan komputer literasi dan literasi visual khususnya sebagai media dan teks media terus berkumpul di Internet dengan cara yang permintaan pembaca dan kecanggihan user (Potter 2001: 4-14). media berita dan organisasi sipil masih dalam proses belajar bagaimana memanfaatkan potensi penuh dari Internet sebagai media multimodal. Digital advokasi sehingga dapat dilihat sebagai sebuah proses yang masih dalam transisi sebagai 'organisasi yang masih belajar bagaimana menggunakan potensi Web untuk melakukan lebih dari sekedar bertindak sebagai bentuk statis pamflet elektronik atau poster' individu dan (Norris 2001: 190 ). Selain itu, Roger Fiddler berpendapat bahwa, karena kurangnya kecanggihan oleh komputer pribadi pengguna '... masih digunakan oleh kebanyakan orang sebagai sedikit lebih dari mesin ketik elektronik 'dan bahwa' bahkan dengan software yang user-friendly baru dan penambahan mouse, komputer pribadi tetap jelas tidak bersahabat '(Fiddler 1994: 32).

Demikian pula, kecanggihan pengguna dapat bervariasi menurut kelas, usia ras,, dan membagi pedesaan dan perkotaan dan hal ini percabangan pada kesenjangan demokratis.

Kesimpulan

TIK baru dan internet tampaknya memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat dengan menyediakan sejumlah besar informasi yang membantu warga untuk membuat pilihan informasi tidak hanya dalam politik dan bisnis, tetapi juga di tantangan sederhana yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari mereka seperti sebagai belanja atau memilih sekolah atau universitas terbaik untuk anak-anak mereka. Membagi berbagai digital dibahas dalam bab ini melambangkan masalah serius kemiskinan informasi yang mempengaruhi milyaran orang di usia masyarakat informasi yang disebut mana, karena banyak negara instrumen internasional hak asasi manusia, informasi yang seharusnya menjadi hak asasi manusia (lihat Pasal 19, Deklarasi PBB (1948), Pasal 19, Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik (1966), Pasal 9, Piagam Afrika (1981)). Hal ini sebagian karena wacana masyarakat informasi adalah pasar-driven dan juga tertanam dalam proses globalisasi neo-liberal yang mengutamakan kepentingan kekuatan perusahaan global selama mereka miliaran orang miskin tanpa akses ke Internet (lihat Preston 2001). Sementara informasi dan komunikasi secara hukum dianggap sebagai hak asasi manusia, industri komunikasi besar tidak tertarik untuk berinvestasi di negara-negara miskin dan masyarakat karena mereka tidak membuat keuntungan karena kelompok-kelompok marjinal cenderung memprioritaskan kebutuhan sosial lainnya, bukan informasi.

Namun, menurut mantan Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan, perjuangan untuk makanan, tempat tinggal dan pakaian ini tidak berarti terpisah dari informasi. Pada tahun 1999 ia menyatakan bahwa, 'Orang-orang tidak banyak hal: pekerjaan, tempat tinggal, dan makanan, perawatan kesehatan dan air minum. Hari ini, yang terputus dari layanan telekomunikasi dasar adalah kesulitan hampir sama akut seperti ini memang kekurangan lain dan dapat mengurangi kemungkinan menemukan solusi untuk mereka "(Annan 1999: 6). Masalah kesenjangan digital tidak boleh diserahkan kepada kekuatan pasar saja jika masuknya atau partisipasi masyarakat yang terpinggirkan dalam masyarakat informasi dan proses globalisasi yang akan direalisasikan. Solusi untuk masalah akses, infrastruktur, konten, melek teknologi dan berbagai bentuk diskriminasi harus mengambil pendekatan multi-stakeholder dalam hal kerajinan respon kebijakan dan pelaksanaan strategi yang disepakati. Jika tidak, bisa dikatakan bahwa dalam ekonomi lemah dan sakit, potensi penuh dari internet mungkin tidak pernah terwujud karena cenderung '...dapat terhubung yang terhubung lebih dari perifer '(Norris 2001: 95).


Recomendasi Bacaan

Castells, Manuel (1999) The Information Age: Economy, Society and Culture. London:
Blackwell Publishers.

Hassan, Robert (2004) Media, Politics and the Network Society. Milton Keynes: Open
University Press.

Norris, Pippa (2001) Digital Divide: Civic Engagement, Information Poverty, and the
Internet Worldwide. Cambridge, USA: Cambridge University Press.

Servon, Lisa (2002) Redefining the Digital Divide: Technology, Community and Public
Policy. Malden, MA: Blackwell Publishers.

Wyatt, Sally et al. (eds) (2000) Technology and In/Equality: Questioning the Information
Society. London: Routledge.

No comments:

Post a Comment